PRODUK AND BRAND

 

Assalamualaikum Wr. Wb. Hai Guys, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu, diberi keberkahan, kelancaran dan selalu dalam lindungan Allah SWT, Amin YRA. Kembali lagi dengan blog saya yang menyajikan mengenai Kewirausahaan islami. Kali ini tema yang akan saya bahas adalah Poduk and Brand.

Definisi Produk menurut Philip Kotler yaitu Produk adalah sesuatu hal yang dapat ditawarkan ke pasar untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan. Pengertian lain produk adalah sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan atau dikonsumsi untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan 

Klasifikasi Produk berdasarkan Aspinwall Classification System

1. Replacement rate yaitu seberapa seringproduk tersebut dipesan ulang oleh pelanggan atau pembeli.

2. Gross Margin yaitu Berapa besar rata-rata keuntungan yang dihasilkan oleh tiap produk (prosentase).

3. Buyer Goal Adjustment yaitu seberapa besar rentang segmen konsumen yang bisa dicapai.

4. Duration Of Product Satisfaction yaitu Seberapa  lama produk tersebut bermanfaat bagi pembeli

5. Duration Of buyer Search Behaviour yaitu Berapa lama konsumen tetap mencari dan membeli produk.


Tentang Brand Menurut Kotler,  Merek dapat dibedakan menjadi tiga pengertian, yaitu :

1. Brand Name adalah bagian darimerk yang bisa dilafalkan.

2. Brand Mark adalah suatu simbol atau desainyang digunakan untukmemberikan identitas pada produk atau untuk membedakannya dengan produk lain.

3. Trade Character adalah brand mark yang mengambil bentuk fisik atau sifat manusia.





Dengan memiliki brand secara tidak langsung menunjukkan jati diri dari produk tersebut untuk dapat bersaing di pasaran. Branding memiliki fungsi utama sebagai pembeda antara brand tempat usaha yang lainnya. Selain itu juga berfungsi untuk membangun sebuah citra dari produk atau tempat usaha tersebut. Sedangkan tujuannya adalah membangun kepercayaan masyarakat terhadap produk atau perusahaan yang sedang Anda jalankan.

Fungsi penting yang utama adalah sebagai daya pembeda dari suatu produk barang atau jasa. Dengan menyebut merek, maka orang juga akan mengenali asal barang atau jasa dari perusahaan A atau B. Maka inilah fungsi kedua merek, yaitu sebagai tanda untuk menegenali asal barang atau jasa dari produsen atau pihak mana.

Identifikasi produk juga bermanfaat dalam hal iklan dan promosi. Menambah nilai produk , Konsumen melihat merek sebagai sebuah tolok ukur dan menambah nilai sebuah produk.

Walaupun terlihat sepele, merek merupakan salah satu aset hak kekayaan intelektual perusahan yang harus dilindungi oleh perusahaan dengan cara didaftarkan. Merek yang telah didaftarkan dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan bagi pemilik yang berhak atas merek yang didaftarkan.


   

Demikian hal yang dapat saya share untuk teman-teman dalam blog saya ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada hal yang kurang berkenan dalam postingan saya. Semoga postingan tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk semuanya. Sampai bertemu di postingan selanjutnya, tentunya dengan hal yang bermanfaat dan materi yang lebih menarik. Nantikan di postingan berikutnya. Terima Kasih😉

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciri-ciri Muslimpreneur dari Pandangan Muslim Sarjana dan Akademisi